Melamar Pekerjaan Lewat Email, sultanpbn – Email merupakan platform untuk berkomunikasi. Pengguna email dapat mengirimkan berbagai file atau dokumen dengan ukuran yang cukup besar. Bukan hanya orang pribadi yang menggunakannya, tetapi juga perusahaan biasanya akan menggunakan email untuk melakukan komunikasi. Bahkan kamu bisa melamar pekerjaan lewat email. Mungkin terdengar sudah biasa bagi kamu yang mahir menggunakannya.
Akan berbeda bagi seseorang yang baru lulus atau baru mengetahui bahwa banyak perusahaan yang bisa melamar pekerjaan lewat email. Lulusan baru atau orang yang tidak begitu paham mengenai teknologi akan bertanya-tanya cara menggunakannya. Apalagi kamu yang baru saja mengetahui adanya platform yang satu ini. Tetapi apabila kamu ingin mempelajarinya maka kamu akan terbiasa menggunakannya.
Perusahaan akan lebih senang menggunakan email untuk melakukan proses screening CV agar lebih terarah. Kamu bisa mencoba melamar pekerjaan lewat email agar cepat mendapat tanggapan dari HR atau perusahaan yang kamu lamar. Biasakan untuk melakukan review terlebih dahulu dari email yang ingin kamu lamar sebelum memutuskan mengirimkan berkas yang diminta.
Apa Itu Email?
Email merupakan sebuah platform yang digunakan untuk mengirimkan file atau dokumen. Bisa juga digunakan sebagai tempat untuk berkomunikasi. Sama halnya dengan WhatsApp dan aplikasi lainnya, namun email biasanya ditempatkan untuk keperluan lebih formal.
Terdapat banyak platform email yang bisa kamu gunakan, antara lain gmail, yahoo, dan lain sebagainya. Untuk mengakses email kamu membutuhkan internet agar tetap bisa berjalan dengan lancar. Biasanya kamu akan diminta untuk melamar menggunakan platform gmail.
Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email
Berikut ini cara untuk melamar pekerjaan lewat email agar lebih cepat mendapatkan respon dari HR atau perusahaan yang kamu lamar. Untuk mendapatkan balasan dari email tersebut, kamu harus mematikan terlebih dahulu kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Kemudian, setelah kamu sudah merasa sesuai dengan dirimu silakan untuk mempersiapkan CV yang akan digunakan oleh rekruter dalam melihat dirimu. Saat kamu memberikan CV tentukan juga CV yang harus kamu kirimkan, bisa menggunakan CV terbaru atau CV lama yang sesuai dengan kualifikasi.
Setelah itu, kamu bisa langsung melanjutkannya untuk melamar pekerjaan lewat email dengan cara sebagai berikut:
- Buka gmail menggunakan browser yang biasa kamu gunakan untuk berselancar di internet
- Klik “Tulis” yang tersedia pada bagian kiri layar
- Kemudian akan muncul sebuah pesan baru yang akan kamu gunakan untuk menulis email kepada rekruter
- Masukkan alamat email dibagian “kepada”
- Tuliskan subject menggunakan posisi yang dilamar dan nama lengkapmu atau bisa sesuaikan dengan arahan informasi yang kamu dapatkan
- Untuk bagian email di bawah subject, kamu harus menuliskan lamarannya
- Area kosong tersebut bernama body email
- Setalah menuliskan lamarannya yang biasa kamu buat secara manual menggunakan word atau ditulis tangan, selanjutnya sisipkan attechment
- Klik attechment yang berada di bawah dengan menu seperti penjepit kertas
- Kemudian, pilih CV yang sudah kamu siapkan sebelumnya
- Klik kirim dan tunggu hingga proses pengiriman selesai
- Selesai
Sebelum mengirimkan email tersebut, alangkah baiknya kamu memeriksa kembali setiap susunan kalimat yang dituliskan pada bagian body email. Lakukan pemeriksaan tersebut agar kamu tidak salah ketik atau typo saat nanti sudah dibaca oleh HR atau pihak perusahaan yang kamu lamar.
Artikel Terkait: Cara Membuat Tabel di Word dengan Mudah
Penutup
Itulah Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email yang mudah. Kamu bisa melakukan pengiriman lamaran sesuai dengan posisi lowongan pekerjaan yang diinformasikan. Carilah perusahaan yang memberikan kesempatan untuk melamar menggunakan email.