Jenis Sarana Promosi, sultanpbn – Promosi merupakan bagian dari penjualan. Dilakukan setiap harinya untuk mendapatkan konsumen baru secara terus menerus. Bahkan dapat membuat konsumen menjadi pelanggan tetap. Tetapi terdapat banyak jenis sarana promosi yang dapat digunakan untuk memperoleh konsumen, jadi kamu harus mengetahuinya.
Produk yang dipasarkan memang sangat beragam dengan kelebihan dan kekurangannya. Namun sebagus apapun kualitas yang dimiliki produk tersebut tidak akan bisa diketahui oleh orang banyak tanpa melakukan promosi. Sebaiknya gunakan jenis sarana promosi yang dapat membantu meningkatkan penjualan secara berkala.
Pelanggan akan lebih senang, apabila kamu memasarkan produk melalui berbagai jenis sarana promosi agar semua orang tahu bahwa produk yang digunakan oleh orang-orang tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Orang lain yang mendapatkan informasi mengenai produk pilihan pelanggan akan tertarik dan ingin ikut mencobanya.
Apa Itu Sarana Promosi?
Sarana promosi merupakan sebuah fasilitas yang mampu memberikan impact terhadap penjualan dengan melakukan promosi untuk menarik konsumen. Bisa juga sebagai fasilitas untuk meningkatkan keinginan konsumen saat melihatnya tanpa memedulikan penting atau tidaknya produk tersebut.
Penarikan konsumen melalui sarana promosi memang tidak begitu besar dampaknya terhadap peningkatan penjualan, namun hal ini dirasa masih relate meskipun kini sarana promosi bisa melalui media sosial yang biayanya cukup murah dan mampu menjangkau lebih banyak konsumen.
Lain halnya apabila kamu sudah memiliki bangunan fisik berupa toko untuk memasarkan produk mu. Kamu membutuhkan beberapa fasilitas yang mampu meningkatkan penjualan. Tujuan utama dari penggunaannya sarana promosi tidak lain untuk menarik konsumen berbelanja produkmu.
Jenis Sarana Promosi yang Cocok di Era Digital
Untuk itu, kami telah merangkum jenis sarana promosi yang harus kamu ketahui untuk meningkatkan penjualan. Pergunakan sebaik mungkin jenis sarana promosi yang menurutmu sangat mudah sampai ke hati konsumen, jenis tersebut antara lain adalah:
Brosur
Meskipun semua orang sudah tahu adanya teknologi, sehingga biasanya biaya promosi akan jauh lebih murah karena menggunakan media sosial. Semua produk akan tercantum di sana, sayangnya tidak begitu terperinci. Namun brosur masih cocok digunakan untuk penjualan, karena berbentuk fisik. Dapat disimpan dalam tas untuk nanti dibaca saat ingin membeli produk tersebut. Biasanya akan ditemukan nomor kontak yang dapat dihubungi calon konsumen.
Katalog
Beberapa usaha dalam menjual sebuah produk masih menggunakan katalog untuk mendapatkan konsumen. Ukurannya memang tidak tetap, karena memiliki standar tersendiri sesuai dengan kebutuhan pasar. Katalog biasanya dibuat menjadi seperti buku, tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk sebuah usaha yang memasarkan produknya melalu katalog dalam selembaran, seperti katalog laptop dan HP.
Hanging Mobile
Pada toko-toko tertentu masih menggunakan cara ini untuk menarik pelanggan. Sebuah alat pajangan yang bergerak jika digantung pada langit-langit toko. Kamu dapat melihat pajangan ini seperti 3D, karena akan memperlihatkan setiap sisinya ketika terkena angin. Meskipun sudah era digital, tetapi pajangan ini tetap mampu menarik perhatian calon konsumen.
Stiker
Banyak perusahaan yang menggunakan stiker sebagai sarana untuk promosi, karena biaya yang tergolong mudah dan cukup fleksibel. Stiker dapat ditemukan diberbagai tempat, namun bisa juga melihatnya pada helm seseorang atau laptop. Kamu akan melihat nama brand pada stiker tersebut, nah begitu kamu melihat temanmu atau orang lain menggunakannya jelas kamu ingin sekali memilikinya. Hal ini masih dijadikan alat atau sarana promosi yang bagus untuk sebuah produk pakaian.
Poster
Salah satu sarana promosi yang masih berjalan sudah pasti poster, karena dapat dimiliki banyak orang. Selain harganya yang relatif murah, poster juga terlihat sederhana dengan pemakaian kata atau kalimat yang bisa sampai ke hati pelanggan. Buatlah poster yang menarik sehingga orang lain mampu mengerti maksud dari promosi yang dilakukan tersebut.
Artikel Terkait: Teknik Penulisan Storytelling untuk Konten Marketing Digital
Penutup
Itulah Jenis Sarana Promosi Beserta Penjelasannya untuk Tingkatkan Penjualan. Kamu lebih suka yang mana untuk dijadikan sarana? Kelihatannya mungkin masih lebih memilih untuk menggunakan platform gratis, tetapi akan berbeda caranya apabila kamu sudah memiliki bangunan fisik dari usaha mu.