Kenali Marketing Mix Sebagai Strategi Pemasaran Tepat Masa Kini untuk Bisnis Mu

Marketing Mix, sultanpbn – Gunakan marketing mix sebagai bahan evaluasi dalam melakukan startegi pemasaran. Semua hal yang berkaitan dengan pemasaran sebaiknya dikupas tuntas untuk menghasilkan respon baik dari target market.

Apabila kamu tertarik untuk membuat sebuah bisnis, tentunya banyak yang harus kamu ketahui agar tidak membuat bisnismu hilang arah. Pastikan bahwa kamu menelaah berbagai konsep bisnis yang akan membawamu tepat sasaran dalam melakukan strategi, salah satunya menggunakan marketing mix.

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis, alangkah baiknya mempelajari marketing mix. Hal ini justru akan membantumu lebih baik dalam pengelolaan bisnis yang sedang dijalani, sehingga bisnis tersebut tetap berjalan.

Apa Itu Marketing Mix?

Marketing mix merupakan bauran pemarasan yang mengacu pada serangkaian tindakan atau lebih tepatnya disebut strategi pemasaran paling dasar harus dipejalari oleh pelaku bisnis. Biasanya sebuah perusahaan akan menggunakan konsep ini sebagai sarana untuk melakukan promosi, baik jasa maupun produk.

Konsep marketing mix ini pertama kali diperkenalkan oleh Neil Borden yang terinspirasi dari gagasan James Cullington di pertengahan abad ke 20. Namun berawal dari konsep marketing mix yang memiliki 4P, kini telah menjadi 7P dengan berbagai kondisi yang diperlukan dalam melakukan pemasaran sebuah produk atau jasa oleh pelaku bisnis.

Keuntungan Menggunakan Marketing Mix

Tentunya marketing mix akan memberikan keuntungan terhadap pelaku bisnis yang menggunakannya, sehingga akan memperlancar kegiatan usaha yang sedang berjalan. Berikut ini merupakan keuntungan menggunakan bauran pemasaran tersebut:

  1. Memperkuat kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga lebih menonjolkan sesuatu yang dianggap sebagai value dari sebuah produk yang dibagikan para pelaku bisnis.
  2. Meminimalkan kelemahan bisnis yang biasanya dikorek-korek oleh perusahaan kompetitor dalam melakukan persaingan.
  3. Usaha yang dijalankan akan lebih dinilai kompetitif oleh beberapa pengamat bisnis.
  4. Memudahkan produk atau jasa beradaptasi dengan pasar yang fluktuasi, sehingga tetap mendapatkan kestabilan yang baik untuk para pelaku bisnis.
  5. Menarik perhatian banyak orang, bahkan mendapatkan tawaran kolaborasi oleh perusahaan atau mitra yang memang melihat produk mu sebagai nilai yang cukup tinggi.

Konsep Marketing Mix 4P

Product

Product merupakan bahasa Inggris yang artinya produk. Pelaku bisnis harus memiliki produk yang baik barang ataupun jasa yang mampu menarik perhatian banyak orang. Usahakan untuk membuat produk yang sedang dibutuhkan oleh pasar sehingga produkmu akan mudah dikenali banyak orang.

Price

Dalam bahasa Indonesia adalah harga. Harga sangat menentukan konsumen dalam memilih produk yang dibutuhkan. Kamu harus membuat harga yang dikeluarkan oleh konsumen dengan beragam. Sebenarnya harga ini tergantung dari biaya produksi, sehingga mahal atau murahnya produk bisa kamu perhitungkan dengan baik tanpa mengalam kerugian.

Place

Place merupakan bahasa Inggris dari tempat. Tentunya dalam melakukan bisnis, kamu harus memilih tempat yang mudah ditemukan dan memiliki akses yang mudah bagi para konsumen. Sebaiknya place yang kamu tetapkan bukan hanya dalam bentuk fisik, tetapi juga nama dan alamat website atau media sosial.

Artikel Terkait: 5 Teknologi Ramah Lingkungan Karya Anak Bangsa Bermanfaat Bagi Kehidupan Sehari-Hari

Promotion

Promotion dalam bahasa Indonesia adalah promosi. Sebagai pelaku bisnis kamu harus melakukan promosi untuk membuat produkmu dikenal banyak orang. Promosi yang bisa kamu lakukan bukan hanya melalui papan nama, lokasi terkait, namun juga melalui media sosial.

Konsep Marketing Mix 7P

Penambahan konsep yang berawal dari 4P, kini menjadi 7P. Tidak ada perubahan yang diperkenalkan oleh peneliti sebelumnya, tetapi adanya penambahan. Sebenarnya konsep ini tetap sama seperti konsep 4P, namun adanya 3 poin tambahan sebagai berikut:

People

Dalam pembuatan bisnis memang mengharuskan seorang pelaku bisnis mampu memberikan pelayanan terbaik. Untuk menghasilkan feedback yang baik tentunya pelaku bisnis mampu memberikan target pasar, sehingga tidak akan melenceng ke mana-mana. Buatlah produk yang sesuai dengan target, misalnya kamu membuat sebuah produk skincare tertentu dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pengguna skincare mulai dari umur 20 ke atas.
  2. Target pasar yang ingin dijangkau adalah para pekerja atau mahasiswa.
  3. Untuk yang memiliki masalah kulit berjerawat.

Process

Hal ini memang sangat perlu diperhatikan, karena berkaitan langsung dengan para konsumen. Pelaku bisnis harus memberikan akses yang mudah untuk konsumen mendapatkan produk yang mereka inginkan, sehingga akan meminimalisir biaya yang dikeluarkan.

Physical Evidence

Bukti fisik merupakan sesuatu yang mampu dilihat oleh konsumen. Kamu harus menyediakan bukti fisik tersebut agar konsumen mampu menerima produkmu dengan sangat puas. Perlu diketahui bahwa produk merupakan barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan.

Semua produk dalam bentuk barang memang akan memudahkan konsep ini berjalan lancar, seperti makanan, buku, galon, air, skincare, botol, hasil desain, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana dengan jasa? Kamu bisa saja melampirkan kwitansi, testimoni setelah memakai jasa tersebut, dan tentunya bagaimana service yang diberikan oleh para pelaku bisnis, seperti komunikasi dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah konsep marketing mix yang harus kamu kuasai sebelum menjalankan bisnis agar tidak mudah terpental oleh para kompetitor yang sudah ada. Pelajari konsep ini untuk membuat sebuah produk yang memiliki feedback baik dari para konsumen.

Leave a Comment

SultanPBN adalah situs yang menyediakan jasa backlink PBN, Jasa Seo, Social Signal, Content Writer .

Contact

Sultan PBN

Indonesia